Presiden AS Barack Obama Kecam Teroris

Presiden AS Barack Obama mengecam terorisme di Aljazair yang menewaskan sedikitnya 23 sandera di fasilitas ladang gas In Amenas. “AS mengecam kekerasan itu,”kata Obama sebagaimana warta AP pada Minggu (20/1/2013).

Pernyataan Obama ini adalah kali pertama yang dibuat presiden AS itu terkait serangan militan Al Qaeda Afrika di kawasan timur Aljazair tersebut. Kelompok teroris itu, pada Rabu (16/1/2013) menyandera para pekerja di fasilitas tersebut.

Obama juga mengatakan AS akan terus berkomunikasi dengan pemerintah Aljazair. “AS akan terus bekerja sama untuk menyiapkan bantuan sekaligus mencegah agar kejadian ini tidak terulang lagi,”katanya.

Sejak Kamis (17/1/2013), pasukan Aljazair menyerbu kompleks itu untuk menolong para sandera. Namun, kebijakan itu berisiko tinggi lantaran banyak sandera yang ikut terbunuh.

Data terkini dari pemerintah Aljazair pun menunjukkan 32 militan tewas dalam serangan mematikan tersebut. Lalu, operasi militer itu berhasil membebaskan sandera 685 pekerja Aljazair dan 107 pekerja asing.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s